12/07/2010

Sejarah Game Online





Lahirnya kesuksesan game online Januari 1997 – April 2001

Masa kejayaan online game pertama, ketika Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call tidak memiliki saingan. Sukses pertama ketiga game inilah yang memberikan inspirasi bagi perusahaan-perusahaan lain untuk memulai membuat game online mereka sendiri.


Mulainya persaingan Mei 2001 – April 2002Pada masa ini perkembangan EverQuest dan Asheron’s Call menurun drastis, bahkan Ultima Online kehilangan pelanggannya. Ini disebabkan karena sejumlah game online baru memasuki pasar dengan keunikannya masing-masing. Selain itu, pembatalan Electronic Arts untuk membuat Ultima Worlds Online: Origin atau Ultima Online 2 juga membuat para pemain kecewa. Electronic Arts memilih untuk berkonsentrasi pada terus mengembangkan Ultima Online dan melebarkan sayap ke pasar Asia.

Sebenarnya, saat itu Electronic Arts juga memiliki kesulitan modal untuk Ultima Online 2. Keputusan yang kontrovesial ini membuat banyak pelanggan Ultima Online kehilangan antisipasi pada Ultima Online2 dan mencoba game-game lain. Sebagian pelanggan lainnya berhenti bermain Ultima Online karena meramalkan Ultima Online tidak akan bisa bersaing dengan game-game yang akan datang, terutama dalam perihal grafik. lalu malapetaka berlanjut dengan direleasenya expansi Ultima Online: Third Dawn, yang tidak sesuai dengan selera para gamer.

Selain itu, pada masa ini Anarchy Online dan Dark Age of Camelot memulai beta test dengan konferensi pers yang memukau dan tidak tanggung-tanggung mengeluarkan banyak biaya untuk iklan-iklannya. Pemain senior Ultima Online, EverQuest, dan Asheron’s Call menemukan alternatif game yang belom pernah mereka coba. Walau beberapa gamer memiliki banyak account dibermacam-macam game, sebagian besar gamer hanya memiliki waktu untuk fokus pada satu game saja. Anarchy Online memiliki sedikit masalah pada peluncurannya namun Dark Age of Camelot memasuki pangsa pasar dengan sukses, mereka mendapatkan 200.000 konsumer pada peluncurannya.

Asheron’s Call bertahan sebentar dengan expansi Dark Majesty namun lalu terinjak-injak oleh kemunculan game-game non-fantasy yang baru muncul seperti Anarchy Online, Motor City Online, dan World War II Online. Motor City Online mencapai puncak kesuksesannya pada bulan Juni lalu menurun sedikit demi sedikit. Anarchy Online dan World War II Online merugi karena peluncuran yang buruk.

Mulai sepinya penggemar game online Mei 2002 – Oktober 2004

Ini adalah masa paling sulit bagi pasar game online. Walau besarnya prospek game online terus meningkat pada tahun 2002 dan 2003, persaingannya juga semakin ramai. Banyak game online yang dalam perkembangannya terpaksa menunda atau bahkan dibatalkan. Game-game lama berusaha untuk mempertahankan pelanggan mereka, jumlah pelanggan mereka naik turun dengan jumlah penurunan yang lebih banyak dari kenaikan hingga akhirnya habis.

Kebanyakan game online yang baru memasuki pasar tidak mencapai target, bahkan beberapa terpaksa menutup usahanya. Walau ada sedikit titik cerah seperti dengan kemunculan Final Fantasy XI, RuneScape, Eve Online, dan City of Heroes diantara Mei 2002 dan Mei 2003, pasar berkembang kurang dari 8%. Pada Januari 2004 hingga Oktober 2004 pasar menurun hingga hanya berkembang sebanyak 2%. Pada penghujung tahun 2004 pasar game online menjadi sepi.


Kejayaan Warcraft November 2004 – Sekarang

Dimulai dengan direleasenya World of Warcraft, keadaan pasar game online berubah drastis. World of Warcraft bukan hanya sukses, namun juga memegang rekor yang sangat tinggi diantara game-game online yang bayar (Pay to Play)lainnya. Walau sebagian besar pelanggan World of Warcraft berasal dari RRC, sekarang jumlah pelanggan World of Warcraft di Eropa mencapai lebih dari satu milyar sementara di Amerika Utara sekitar satu koma lima hingga dua milyar! Kesuksesan World of Warcraft berasal dari Blizzard, yang selalu menelurkan game-game yang memberikan pengalaman bermain yang unik.
Fitur-fitur yang ditawarkan World of Warcraft seperti kekompleksitasannya, mudah dimainkan, dan perkembangan level mempengaruhi pengembangan game-game online , terutama Dark Age of Camelot, EverQuest, dan serial Lineage.

Pada bulan Juni 2006; 93,5% dari pasar masuk dalam kategori RPG bertema fantasi; 4,1% dalam kategori RPG bertema sci-fi dan superhero; 0,3% adalah simulasi perang dan FPS (First Person Shooting); dan 2,2% dalam kategori komunitas dan lain-lain. Walau sepertinya fantasi lebiih digemari, para developer mengendus prospek dalam game dengan latar belakang sci-fi.

Mereka melihat industri perfilman, dimana sci-fi memiliki kesuksesan yang jauh lebih besar. Beberapa perusahaan berusaha untuk mengeksplorasi potensi ini, seperti dengan direleasenya Auto Assault, City of Villains, Huxley, Seed, dan Tabula Rasa. Perusahaan-perusahaan lainnya memilih untuk tidak mengambil resiko dan menelurkan Age of Conan, Aion, Dungeons & Dragons Online, Gods & Heroes, Hero’s Journey, Lord of the Rings Online, Soul of the Ultimate nation, Vanguard, dan Warhammer Online, dan judul-judul lainnya.


- ketok.com -

2 komentar:

Angel Monica mengatakan...

Nikmati permainan Poker Online dan Domino Online dengan system teknologi terbaru
dan tercanggih yang pernah ada, 100% MURNI PLAYER VS PLAYER ( TANPA ROBOT ).

* Bonus Turn Over 0.3% Setiap Minggunya.

* Bonus Referral 15% Seumur HIdup.

* GOLD (G) 500 000 RUPIAH PLATINUM (P) 20 000 000 RUPIAH DIAMOND (D) 50 000 000 RUPIAH SYARAT DAN KETENTUAN :
1. Minimal deposit 50 000 rupiah langsung dapat BONUS 2% (dibagikan hari berikutnya) dan bonus 3% sebagai tabungan
2. Bonus 3% akan kami bagikan jika sudah mencapai 500.000 rupiah dan seterusnya
3. Bonus tidak bisa langsung dimainkan atau diklaim
4. Bonus akan kami akumulasikan setiap deposit minimal 50 000 rupiah
5. Turn Over 2 kali untuk bonus 2% dari total deposit yang telah dilakukan
6. Turn Over 3 kali untuk bonus 3% dari total deposit yang telah dilakukan
7. Minimal nominal untuk mengklaim bonus : *GOLD adalah 500 000 rupiah *PLATINUM adalah 20 000 000 rupiah *DIAMOND adalah 50 000 000 rupiah
8. Maksimal bonus yang diberikan adalah 120 000 rupiah untuk setiap deposit yang dilakukan
9. Jika terjadi kecurangan pemindahan chip atau kecurangan lainnya, kami pihak senang poker berhak membatalkan bonus secara sepihak
10. Pihak Senangpoker berhak membatalkan promo sewaktu-waktu
11. Jika tidak melakukan turn over yang telah ditentukan dan langsung melakukan withdraw,bonus akan kami tarik kembali

Kelebihan rajadomino.com yang digemari masyarakat Indonesia:
* Minimal Depo sangat TERJANGKAU, Hanya Rp. 10.000
* Jackpot hingga Ratusan JUTA rupiah
* Proses Depo dan WD SUPER CEPAT
* Bisa dimainkan di Android, Iphone dan Ipad
* CS siap melayani 24jam nonstop setiap hari
* Pelayanan CS yang Ramah dan Profesional

* Hanya dengan 1 user id 5 Game sudah bisa anda nikmati
* Transaksi via BCA, MANDIRI, BRI, BNI dan DANAMON
* 100% TANPA BOT Real Player vs Player
* Tersedia hampir seribu Meja untuk bermain
* Ribuan Real Player setiap harinya

Daftarkan diri anda segera di sini :

* www.rjdomino.com
* www.rajadomino88.com

Untuk Info Lebih Lanjut Silahkan Hubungi Customer Service Online Kami di Bawah ini :

* PIN BB : 2BC26A31

Jenny 123 mengatakan...

Hallo, kami Mandiriqq Hadir dengan Semangat dan Kebanggaan untuk selalu menjadi yang terbaik!!! ^^

Mari Bergabunglah Bersama MandiriQQ, menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.

1 ID untuk 6 PERMAINAN

Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!!

- Bonus TurnOver 0.5% tiap Minggunya

- Bonus Referral 20% Dibagikan Setiap Minggunya.

- Minimal Deposit hanya 20 Ribu

- Minimal Withdraw hanya 50 Ribu

Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs MandiriQQ PIN BBM : 2BE2B4BA

http://mandiriqq.com/app/Default0.aspx?lang=id

Posting Komentar