Portable Document Format atau yang kerap kita kenal dengan sebutan PDF merupakan document yang dikembangkan oleh Adobe berdasarkan ide dari Paperless Office  yang berpendapat bahwa perkembangan teknologi meningkatkan penggunaan kertas yang dikhawatirkan menjadi penyebab rusaknya hutan. Mengingat bahan utama pembuat kertas adalah pulp atau bubur kayu.


Munculnya PDF digagas oleh John Warnock yang ingin menyuguhkan document bergambar melalui layar komputer. Adobe pun menciptakan document PDF tersebut beserta software pembuat dan readernya yang biasa kita kenal dengan Adobe Acrobat dan Adobe Reder yang diperkenalkan sekitar tahun 1993. Awal kemunculannya tingkat penggunaan PDF masih sangat rendah karena versi awal PDF belum mendukung pranala luar untuk World Wide Web dan ukuran yang masih besar membuatnya lambat untuk diunduh. Penggunaan PDF meningkat seiring di distribusikannya Adobe Reader secara gratis.

PDF pun telah menjadi standar ISO pada tanggal 1 Juli 2008 dengan kode ISO 32000-1:2008 karena: berspesifik untuk mengubah kertas atau dokumen elektronik ke format PDF; Specific technical design, user interface atau implementasi atau operasional dari rendering; Produk khusus untuk menyimpan  dokumen-dokumen seperti media dan kondisi penyimpanan;Metode untuk memvalidasi kesesuaian file PDF atau pembaca; dan Diperlukan perangkat keras komputer dan / atau sistem operasi.
1.      

0 komentar:

Posting Komentar